Cara Memindahkan Aplikasi Android ke SD Card


Ardhana Network - Pada kesempatan kali ini, admin akan membagikan bagaimana caranya memindahkan aplikasi Android ke SD Card. Perlu kamu ketahui, cara ini hanya diperuntukan oleh kamu yang sudah paham penggunaan partisi pada sebuah penyimpanan, seperti SD Card. Aplikasi yang digunakan untuk memindahkan aplikasi Android ke SD Card adalah Link2SD. Sebagian dari kamu tentu sudah tahu dan bagaimana cara kerja aplikasi Link2SD ini. Kenapa admin menyarankan memakai aplikasi Link2SD ini? sudah jelas, aplikasi ini mudah di download secara cuma cuma alias GRATIS. Dan pada dasarnya, aplikasi ini menggunakan penyimpanan eksternal alias SD Card sebagai sarana penyimpanan aplikasi.

Sebelum memulai cara memindahkan aplikasi android ke SD Card, ada beberapa hal yang perlu kamu siapkan. Antara lain adalah perangkat android atau smartphone kamu sendiri, dan yang pasti sudah dalam kondisi ROOT (Cara Root Ponsel Android) , kemudian siapkan software partisi minitool partition wizard, card reader, dan perangkat komputer berbasis windows. Maksud dari partisi sendiri adalah membagi. Jadi, kapasitas SD card nanti akan dibagi menjadi dua bagian. Yang pertama, untuk penyimpanan file file biasa, dan yang kedua untuk penyimpanan aplikasi yang dipindahkan ke SD Card atau aplikasi yang terpasang. Admin menyarankan agar kamu menggunakan SD Card yang berkapasitas minimal 8GB. Selain itu, juga disarankan menggunakan MicroSD class10, agar proses pendataan lebih cepat dan aplikasi tidak berjalan lambat saat akan digunakan.

Nah, untuk kamu yang bingung dengan bahan bahan yang sudah admin jelaskan diatas, kamu bisa mengunduhnya melalui bahan bahan yang admin sediakan ini. Salah satunya adalah minitool partition wizard.


Semua alat dan bahan sudah siap, saatnya untuk eksekusi.

  • Pertama-tama, sebelum memulai semuanya adalah, cadangkan atau back-up semua data pada microSD kamu karena proses ini akan menghapus seluruh data pada microSD kamu.
  • Setelah proses back-up selesai, format microSD kamu dan tunggu hingga selesai.
  • Lalu pasang program yang telah disebutkan tadi. Kita ambil contoh menggunakan program MiniTool Partition wizard.
  • Lalu sorot pada drive microSD kamu, dan klik kanan untuk melakukan split atau bagi.
  • Untuk jumlahnya kapasitas yang akan dibagi terserah kamu, biasanya orang membagi kisaran 3-4GB.
Untuk lebih jelasnya, silahkan kamu bisa simak video berikut.



Nah, seperti itulah cara memindahkan aplikasi android ke SD Card. Sebenarnya sangat mudah, asal kita mengikutinya dengan benar. Yang paling penting dari cara tersebut adalah, sediakan backup terlebih dahulu untuk berjaga jaga jika terjadi sesuatu. DWYOR.



Load comments

No comments:

Post a Comment

Ardhana Network adalah sebuah website yang berbagi segala Aplikasi dan Games Android. Selain itu, Ardhana Network juga berbagi aplikasi BBM MOD yang kami bagikan secara Gratis tanpa dipungut biaya sepeserpun. Ingat, hanya di Ardhana Network BBM MOD bisa kamu dapatkan secara Gratis, dan langsung dibagikan oleh modder bersangkutan yang membuat BBM MOD tersebut.